Pages

Kamis, 15 September 2011

UAS Desain Pembelajaran Matematika

Ujian Akhir Semester Genap Th. 2010/2011
Matakuliah Desain Pembelajaran Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika
Program Pascasarjana Unsri
Dosen Penguji :  Dr. Rusdy A. Siroj



Oleh : Malalina (20102512008)

A.   Guru yang profesional merupakan salah satu komponen dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas baik.
1.   Salah satu ciri guru yang profesional itu adalah menguasai bidang pedagogi. Jelaskan hubungan antara penguasaan bidang pedagogi  dan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika (penjelasan disertai dengan contoh)
JAWAB :
Kompetensi pedagogi yaitu kemampuan pemahaman tentang peserta didik secara mendalam dan penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Pemahaman tentang peserta didik meliputi pemahaman tentang
psikologi perkembangan anak. Sedangkan Pembelajaran yang mendidik meliputi kemampuan merancang pembelajaran, mengimplementasikan pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
 Desain pembelajaran matematika adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus dalam teori-teori pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran matematika dan penyusunan perencanaan pembelajaran matematika harus sesuai dengan konsep pendidikan dan pembelajaran yang dianut dalam kurikulum yang digunakan.
Dari penjelasan diatas dapat dinyatakan bahwa sangat erat hubungan antara kompetensi pedagogik dengan mata kuliah desain pembelajaran matematika contohnya :
1.   Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
Didalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan mendesain suatu pembelajaran, dengan adanya desain pembelajaran yang baik maka pemahaman tentang kependidikan juga akan baik sehingga tujuan pendidikan nasional akan tercapai.
2.   Menguasai bahan pengajaran
Dengan adanya desain pembelajaran matematika maka seorang guru harus terlebih dahulu menguasai bahan pengajaran sehingga guru itu akan menjadi kreatif dalam membuat bahan pengajaran. Dengan menguasai bahan pengajaran guru akan lebih mudah memberikan pengajaran kepada siswa dengan kreatif dan tidak hanya terpaku pada rumus-rumus matematika yang abstrak.
3.   Pengembangan kurikulum dan silabus
Didalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana membuat suatu kurikulum atau silabus. Kurikulum dan silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Keberhasilan jalannya pengajaran tergantung pada kurikulum dan silabus yang dibuat.
4.   Mendesain pembelajaran
Didalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana mendesain sistem pembelajaran yang memamfaatkan sumber daya yang ada. Semua aktifitas pembelajaran dari awal sampai akhir telah dapat didesain secara baik termasuk masalah yang akan timbul dari dari desain pembelajaran yang telah direncanakan.
5.   Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
Didalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang mendidik yang termasuk dalam teori-teori pembelajaran sehingga pembelajaran terpusat pada peserta didik.
6.   Pemanfaatan teknologi pembelajaran
Dalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana mendesain suatu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sehingga dengan adanya teknologi diharapkan akan lebih mempermudah proses pembelajaran matematika terutama dalam pembelajaran bangun dua dimensi dan tiga dimensi.
7.   Evaluasi hasil belajar
Dalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana membuat suatu desain pembelajaran sehingga memiliki kemampuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan meliputi perencanaan, respon anak, hasil belajar anak, metode dan pendekatan.
8.   Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
Dalam mata kuliah desain pembelajaran matematika diajarkan bagaimana dapat membimbing anak, menciptakan wadah bagi anak untuk mengenali potensinya dan melatih untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.
Dengan berbagai teori dalam pembelajaran matematika, maka mata kuliah desain pembelajaran matematika sangatlah erat hubungannya untuk menumbuhkan kompetensi pedagogik seorang guru.

2.   Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah peningkatan penguasaan bidang pedagogi.   Kemukakan pendapat saudara hambatan-hambatan kultural yang dapat menghambat lajunya upaya mewujudkan tujuan tersebut.
Jawab :
Hambatan-hambatan kultural yang dapat menghambat lajunya upaya mewujudkan tujuan tersebut.
1.   Perbedaan kultural suatu daerah akan menghambat pengembangan penggunaan teknologi yang ada karena seorang guru yang profesional harus menguasai teknologi. Guru yang tinggal di kultural yang masih tradisional akan sulit menggunakan teknologi yang maju.
2.   Kendala budaya berupa rendahnya budaya kerja yang berorientasi pada mutu sehingga banyak guru yang bekerja seadanya.
3.  Ada beberapa pendidik yang lebih senang menggunakan budaya atau kultural asing daripada budaya sendiri. Mereka menganggap budaya asing lebih baik daripada budaya bangsa sendiri. Dalam perilaku sehari-sehari dianggap gaul kalau sudah menggunakan budaya dan bahasa asing. Akibatnya bahasa dan budaya sendiri menjadi hal yang asing di lingkungan sendiri.
4.   Budaya atau kultural bangsa Indonesia yang cukup sulit dalam proses administrasi untuk menjadi guru yang profesional melalui pengakuan sertifikasi guru.
5.  Budaya bangsa Indonesia yang membuat suatu kebijakan yang  mengabaikan mutu, mengabaikan tanggung jawab tanpa rasa malu untuk mencapai kebijakan itu.
6.  Tidak meratanya fasilitas yang mendukung tujuan pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme guru antara desa dan kota.
7.  Pola pikir masyarakat yang tidak mau menerima teknologi baru dan lebih cenderung menggunakan cara pengajaran yang konvensional

3.  Ditengah pesatnya laju perkembangan teknologi informatika dan komputer, diikuti pula dengan perkembangan“E-learning”. Berkaitan dengan hal tersebut apakah guru yang profesional itu masih relevan dibicarakan? Kemukakan pendapatmu!
Jawab :
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer atau internet.  E-learning memungkinkan siswa untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. Materi E-learning dapat online maupun offline berupa media CD/DVD. Sehingga guru yang professional harus tetap ada karena e-learning sendiri mempunyai kekurangan yang hanya bisa ditutupi oleh guru yaitu :
1.   E-learning tidak dapat mendidik atau memotivasi siswa untuk belajar.
2.   E-learning membuat siswa malas berpikir sehingga siswa cenderung plagiat.
3.  Tidak adanya interaksi antara guru dan siswa. Kurangnya interaksi ini membuat siswa menjadi pasif dalam belajar.
4.   Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
5.  Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
E-learning juga mempunyai mempunyai manfaat yang besar tetapi e-learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti e-learning harus ditunjang oleh guru yang professional. Guru yang professional haruslah ada atau masih relevan dibicarakan karena semua guru yang profesional pasti akan ada e-learning sehingga tujuan pendidikan nasional akan tercapai, sebaliknya dengan adanya e-learning belum tentu semua guru menjadi profesional.

1.    Petakan kedudukan mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika dalam kerangka keseluruhan mata kuliah program studi pendidikan matematika untuk menghasilkan magister pendidikan matematika yang berkualitas baik.
Jawab :
Berdasarkan Misi program studi pendidikan matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya adalah : ”Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu bersaing dan bersanding dengan lulusan universitas lain yang telah memiliki reputasi nasional dan internasional”.
Berdasarkan Standar Kompetensi program studi pendidikan matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya yaitu :
1.        Mempunyai kemampuan pedagogik yang meliputi kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi
2.        Mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam mengembangkan model pembelajaran matematika yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran matematika serta menerapkan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi.
Berdasarkan Tujuan Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika yaitu :
Mahasiswa memahami teori-teori pembelajaran matematika dan mampu menerapkannya dalam merencanakan dan mengembangkan desain pembelajaran matematika di sekolah maupun di perguruan tinggi.
Mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika mengkaji wawasan kependidikan yang merencanakan menerapkan, dan mengembangkan suatu desain pembelajaran matematika yang dapat digunakan sesuai kondisi suatu daerah serta membahas permasalahan dalam proses pembelajaran matematika baik di seolah maupun diperguruan tinggi. Dalam mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika terlihat jelas materi-materi yang disajikan sangat berkaitan erat dengan misi yang akan dicapai oleh program Pascasarjana. Karena ruang lingkup mata kuliah ini membahas teori-teori pembelajaran matematika dan penerapannya dalam merencanakan dan mengembangkan model-model kegiatan belajar mengajar matematika di sekolah maupun perguruan tinggi.
Berdasarkan penjelasan diatas maka sangatlah jelas jika mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika ini  mempunyai peran yang sangat besar dalam upaya  menghasilkan magister pendidikan matematika yang berkualitas baik. Apabila dipetakkan dalam bentuk gambar maka :



2. Bagaimana peran mata kuliah ini dalam upaya mengembangkan  potensi mahasiswa untuk menjadi ilmuwan profesional dalam bidang pendidikan matematika. Jelaskan pendapatmu.
Jawab :
Peran Mata kuliah Desain Pembelajaran Matematika ini sangatlah besar untuk mengembangkan  potensi mahasiswa untuk menjadi ilmuwan profesional dalam bidang pendidikan matematika karena berdasarkan tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memahami teori-teori pembelajaran matematika dan mampu menerapkannya dalam merencanakan dan mengembangkan model-model kegiatan belajar mengajar matematika di sekolah maupun perguruan tinggi. Diharapkan dengan mahasiswa mengikuti mata kuliah ini maka mahasiswa akan dapat mempunyai landasan dan merupakan titik tolak dalam mengembangkan potensinya sebagai seorang yang profesional dalam bidang pendidikan matematika.

0 komentar:

Posting Komentar